Andi Purwanto Group. Powered by Blogger.
RSS

Melobangi Dinding untuk Pintu

Mari kita selesaikan rumah 3d-nya,
saran ? tukar 3DView menjadi TOP, lalu klik tombol 2DWireFrame (perhatikan perobahan pada UCS {sumbu koordinat}), dan buat sebuah layer baru dengan nama “pintu 3D“.
lbpintu11
1. Misalkan ukuran lebar pintu adalah 80 cm ditambah dengan kusen menjadi 90 cm
3dpintu1
2. Oleh karena itu buatlah sebuah rectangle dengan ukuran 90 x 50 (50 adalah ukuran yang diusahakan lebih tebal dari tebal dinding3d) dan tempatkan pada lokasi pintu.
3dpintu2
3. Kemudian copy-kan lagi ke beberapa rencana lokasi pintu (asumsi: hanya 1 ukuran pintu)
3dpintu3
4. Setelah itu kembali lihat gambar dalam bentuk 3D / isometric
3dpintu4

5. Setelah itu extrude-lah semua rectangle pintu dengan ketinggian 250 (tinggi pintu 200 cm + ventilasi 50 cm)
lbpintu2
6. Ketik perintah “subtract” atau “su” diikuti dengan enter, kemudian klik terlebih dahulu dinding lalu enter kemudian klik semua pelobang dinding tadi (90 x 50 x 250) kemudian enter.
lbpintu3
lbpintu4

Silakan pelajari langkah selanjutnya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Melobangi dinding untuk Jendela

Materi ini hampir sama dengan materi melobangi dinding untuk pintu
1. Misalkan ukuran lebar jendela adalah 50 cm ditambah dengan kusen menjadi 60 cm, atau 115 untuk jendela ganda.
3djendela3
2. Oleh karena itu buatlah sebuah rectangle dengan ukuran 60 x 50 (50 adalah ukuran yang diusahakan lebih tebal dari tebal dinding3d) atau rectangle ukuran 115 x 50, tempatkan pd dinding.
3djendela4
3. Kemudian copy-kan lagi ke beberapa rencana lokasi jendela. Setelah itu kembali lihat gambar dalam bentuk 3D / isometric
3djendela53djendela6
4. Setelah itu extrude-lah semua rectangle jendela dengan ketinggian 150 (ukuran jendela 100 cm + ventilasi 50 cm)
3djendela7
5. Kemudian naikkan pelobang jendela sejauh 100 cm dari lantai dengan cara: ketik perintah MOVE atau klik icon MOVE kemudian enter, lalu klik semua pelobang jendela, lalu enter, kemudian ketik angka 0,0,0 lalu enter kemudian 0,0,100.
lbjnedela1
6. Ketik perintah “subtract” atau “su”  diikuti dengan enter, kemudian klik terlebih dahulu dinding lalu enter kemudian klik semua pelobang jendela tadi (60 x 50 x 150) kemudian enter
lbjendela2

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Membuat Kusen dan Daun Pintu

Buat tampak depan dari sebuah pintu dengan cara;
1.       buat sebuah rectangle dengan ukuran 90 x 250 cm,
2.       kemudian explode, rectangle tersebut,
3.       setelah itu offset 50 cm untuk ventilasi, dan
4.       offset 5 cm untuk tebal kusen.
5.       kemudian trim bagian-bagian yang tidak perlu
6.       copy rectangle ventilasi (akan dibahas pada bab tersendiri)
kusenpintu1
kusenpintu11
7. Klik icon REGION,  lalu pilih semua gambar kusen pintu kemudian enter,
8. setelah itu ketik subtract atau su kemudian enter, klik garis luar terlebih dahulu kemudian enter, lalu klik rectangle ventilasi lalu enter.
9. Setelah itu lihat dalam bentuk isometric.
10. Extrude setebal 15 cm
kusenpintu21
kusenpintu2
11. Supaya kusen tersebut bisa berdiri, ketik perintah rotate3d , enter, klik kusen pintu3d, enter, klik titik A dan titik B, ketik angka 90 (derajat), enter.
kusenpintu3
kusenpintu311
MEMBUAT DAUN PINTU
Buat sebuah rectangle dengan ukuran lebar dan tebal pintu (80 x 3 cm), kemudian extrude setinggi 200, lalu tempatkan di kusen pintu diatas.
kusenpintu4
untuk kesan pintu terbuka, silakan rotate3d pintu tersebut sebesar 60 derajat, atau dengan membuat rectangle dengan ukuran 3 x 80 cm (kebalikan dari nomor 1), lalu di extrude setinggi 200, lalu tempatkan di kusen pintu diatas.
kusenpintu5

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

membuat ventilasi 3d

1. Buat sebuah rectangle sesuai dengan ukuran ventilasi (lihat kembali perintah no.6 membuat kusen pintu) misal 80 x 40 cm, setelah itu di explode rectangle tersebut.
2. Bagi 7 (tujuh) sama besar garis horizontal, dengan cara pilih menu Draw ==> Point ==> Divide ==>  klik garis vertikal ==> ketik angka 7 ==>  enter ventilasi2
3. Untuk melihat titik-titik pembagian sama besar dengan cara pilih menu Format ==> Point Style ==> pilih tanda silang ( X ) ==> tekan Ok.
ventilasi3
ventilasi11

4. Aktifkan pilihan Node, dengan cara klik kanan tombol OSNAP, lalu pilih Setting
ventilasi4
5. buatlah garis vertikal sebanyak 6 buah
6. offset sejauh 10 cm dari garis horizontal atas ke arah bawah 1 x dan 1x juga dari garis horizontal bawah ka arah atas.
7. offset setebal 1 cm ke kiri dan ke kanan dari beberapa garis vertikal dengan asumsi tebal papan adalah 2 cm.
8. offset setebal 1 cm ke atas dan ke bawah dari beberapa garis horizontal dengan asumsi tebal papan adalah 2 cm.
9. hapus semua garis yang ditengah dan hapus tanda silang sebagai pembagi tadi.
10. lakukan pembersihan semua garis yang terpotong dengan perintah trim (tergantung model ventilasi yang disukai)
ventilasi5
ventilasi21
ventilasi31

11. klik icon REGION, lalu pilih semua gambar ventilasi kemudian enter,
12.  setelah itu ketik subtract atau su kemudian enter, klik garis luar terlebih dahulu kemudian enter, lalu klik rectangle dalam ventilasi lalu enter.
13. Setelah itu lihat dalam bentuk isometric.
14. lakukan extrude setebal 15 cm
ventilasi41
ventilasi6
15. Tempatkan pada kusen pintu, lalu berdirikan dengan perintah ROTATE3D
ventilasi61
16. Jika kusen telah di tegakkan dan ditambah daun pintu, tempatkan pintu tersebut ke dalam lobang dinding di rumah 3D.
ventilasi71

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

buat jendela 3d

Pada dasarnya memiliki prinsip yang sama dengan membuat kusen pintu, ventilasi dan daun pintu.
1.       Ikutilah urutan membuat gambar 2 dimensi sebuah jendela lengkap dengan ventilasi berikut ini, dimulai dari membuat rectangle ukuran 60 x 150 cm, kemudian offset 50 cm untuk garis ventilasi, kemudian offset 5 cm untuk tebal kusen, lalu buang garis berpotongan (bersihkan)
jendela1
jendela11
2. Buat garis-garis pembentuk ventilasi, dalam hal ini offset 10 cm dari keempat sisi dan buat garis menyilang, kemudian offset 1 cm kiri dan kanan garis, kemudian buang garis berpotongan (bersihkan), copy rectangle pembentuk daun jendela ke arah luar.
jendela2
3. Region semua garis kusen dan ventilasi, subtract garis luar di kurangi garis dalam, lalu extrude 15 cm.
jendela32
MEMBUAT DAUN JENDELA
1. dimulai dari rectangle yang dibentuk dari perintah no 2 diatas, offset 3 cm dari garis pinggir dan buat garis tengah vertikal dan horizontal, offset 1 cm kiri dan kanan, potong dengan trim, lalu fillet dengan R=5 setiap ujung rectangle.
jendela4
2. Region semua garis daun jendela, subtract garis luar di kurangi garis dalam, lalu extrude 3 cm.
jendela5
jendela33
3. Kemudian gabung lah kusen jendela dengan daun jendela, lalu tegakkan dengan perintah rotate3d, untuk kesan menarik, buat sebuah jendela yang terbuka dengan perintah rotate3d sebesar -15 (derajat).
jendela6
jendela41jendela51
4. Tempatkan jendela tersebut pada lobang jendela yang telah tersedia.
jendela61

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

buat lantai 3d


lantai21. Buat sebuah layer baru dengan nama “lantai”
2. Buatlah sebuah rectangle mulai dari ujung rumah bahagian belakang (titik A) hingga ke depan (titik B).
3. kemudian lihat dalam bentuk isometric
4. kemudian extrude dengan ketebalan -20 (ke arah bawah)
lantai

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

buat atap 3d

Untuk membuat atap 3D ada beberapa cara atau metoda. dalam blog ini saya berasumsi bahwa atap bukan benda solid, tetapi lembaran-lembaran yang menjadi sebuah atap. 1. Buat layer baru dengan nama “atap“, kemudian matikan layer dinding3d /segala benda 3D (tiga dimensi), aktifkan kembali layer as rumah.
2. kemudian buatlah gambar garis atap lengkap dengan jurai dan bubungan seperti menggambar denah 2D.
atap1
3. Lihat dalam bentuk isometrik, garis atap tersebut masih berada pada elevasi 0 (nol)
atap2
atap11
4. Pindahkan garis atap ke elevasi 350 (karena tinggi dinding 350). Prinsip memindahkan sama dengan perintah memindahkan lobang jendela. Dengan cara ketik move atau klik icon move, lalu pilih objek garis atap semuanya, tekan enter, ketik 0,0,0 , enter, ketik 0,0,350 ==> enter.
atap3
atap21
5.       matikan layer dinding 3d, yang aktif hanya garis atap.
atap4
6.       naikkan garis bubungan sejauh 250 cm ke arah atas (sumbu Z), kemudian putar objek 3D sedemikian rupa hingga seperti gambar di atas ini.
7.       kemudian tarik semua ujung garis jurai ke ujung-ujung garis bubungan.
atap5
atap41
8. tekan tombol/icon flat shade atap7, setelah itu putar gambar 3D sedemikian rupa sehingga tampak seperti gambar dibawah ini, supaya semua ujung garis terlihat.
atap6
9. ketik 3DFACE,  enter, kemudian klik ke empat ujung bidang atap pertama secara berurutan, kemudian enter.
atap8
10. demikian juga dengan ke tiga bidang atap yang lain,
atap61
11. dan aktifkan kembali layer yang lain.
atap71
Secara sederhana rumah 3d selesai :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS