Andi Purwanto Group. Powered by Blogger.
RSS

DraftSight: Alternatif AutoCAD Gratisan

Sebetulnya aplikasi ini sudah beberapa waktu yang lalu dirilis. Namun mungkin belum semuanya tahu, jadi saya pikir tidak ada salahnya saya share lagi di sini.
DraftSight adalah aplikasi tiruan dari AutoCAD yang dapat anda download dan gunakan secara gratis. Meski gratis, pembuat aplikasi CAD ini bukan vendor sembarangan, yaitu Dassault Systemes. Mungkin yang bekerja di bidang manufaktur sudah tau, DS adalah vendor yang punya produk CAD yang sangat disegani: CATIA dan SolidWorks.
Menurut cerita yang beredar di internet, DraftSight dirilis untuk menggantikan DWG editor yang dulu dibundle dengan SolidWorks. Dan kalau dulu DWG editor hanya dibundle dengan SW, sekarang semua jajaran produk DS juga dibundle dengan aplikasi ini. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa didownload dari situs DS oleh semua orang… dan gratis!
Coba perhatikan tampilan DraftSight berikut ini, sangat mirip dengan AutoCAD. Dan ukuran file source-nya juga kecil. Hanya sekitar 40MB!
Bagi para pengguna veteran, tidak akan terlalu lama butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Ya, anda bisa menggunakan command alias AutoCAD di command line-nya!
draftsight_interface
Jadi bagi anda yang ingin punya software legal dan halal, aplikasi ini bisa jadi alternatif. Anda bisa gunakan untuk nyambi di rumah, atau sebagai aplikasi pelengkap.

Limitasi

Meski keliatannya aplikasi ini cukup menjanjikan, namun aplikasi ini bukanlah AutoCAD sungguhan. Artinya meski hampir semua fitur basic ada, banyak juga fitur lain yang tidak ada. Hal lain yang patut jadi pertimbangan adalah Autodesk seringkali memblokir file DWG dari aplikasi yang bukan partner Autodesk. File DWG anda mungkin tidak bisa dibuka di AutoCAD. Saya pernah lihat file dari ProgeCAD tidak bisa dibuka di AutoCAD. Rekan-rekan mungkin sudah tahu, ProgeCAD juga tiruan dari AutoCAD, tapi berharga murah.
Jadi aplikasi ini tidak saya sarankan untuk skala korporat, atau kalau perusahaan anda perlu banyak mengirimkan gambar ke client. Tapi aplikasi ini sangat cocok untuk perorangan yang ingin punya aplikasi CAD di rumah, atau perusahaan kecil yang ingin punya aplikasi CAD sebagai pengganti meja gambar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment